Looking For Anything Specific?

ads header

Manfaat Buah Pepaya

Kesehatan tubuh sangat penting untuk dijaga setiap hari. Banyak hal yang bisa dilakukan demi menunjang kesehatan tubuh salah satunya adalah mengkonsumsi buah-buahan. Buah mengandung sejuta khasiat baik bagi kesehatan wajah, kulit dan tubuh. Indonesia memiliki lebih dari 60 jenis buah dan salah satunya adalah papaya. Pepaya adalah satu dari banyaknya buah yang ada di Indonesia yang berasal dari Meksiko bagian selatan. Buah berbentuk lonjong dengan daging berwarna orange sedikit kemerahan ini rendah akan kandungan kalorinya. Selain rasanya yang manis, papaya juga mengandung kalsim, enzim papain, magnesium, vitamin A, C, B1, B3, B5, E, K, antioksidan karotenoid jenis likopen, serat, folat, dan asam folat.

Dari beberapa deretan kandungan yang terdapat dalam buah papaya, terdapat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, yaitu:

  1. Melancarkan pencernaan, Buah papaya dikenal efektif dalam memperlancar pencernaan. Buah papaya kaya akan serat dan air sehingga mampu mencegah terjadinya sembelit dan mengatur frekuensi BAB. Kandungan enzim papain membuat buah pepaya ini mudah dicerna oleh tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi papaya selama 40 hari terbukti mampu menyembuhkan serangan kembung dan konstipasi atau sembelit.
  2. Mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam buah papaya dipercaya dapat menangkap radikal bebas yang dapat menimbulkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dalam sebuah riset, dari 14 buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, papaya adalah satu-satunya yang menunjukkan adanya antikanker payudara didalamnya.
  3. Menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi buah secara rutin sangat baik bagi kesehatan mata termasuk konsumsi buah papaya setiap hari. Vitamin A yang terkandung dalam buah papaya mampu mencegah terjadinya rabun pada mata dengan menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya bagi mata.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi dalam papaya dapat mencegah terjadinya kemungkinan serangan jantung. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam papaya dapat memberikan perlindungan terhadap jantung dan menjaga kadar gula darah dan kolesterol baik (HDL)
  5. Meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh perlu untuk dijaga setiap hari agar dapat beraktivifitas dengan normal. Vitamin C, A, dan E dalam papaya mampu meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga penyakit infeksi seperti flu atau pilek dapat dicegah. 
  6. Menjaga kesehatan kulit dan penuaan. Selain untuk kesehatan tubuh, kandungan yang terdapat dalam pepaya juga baik bagi kesehatan kulit dan wajah. Enzim papain dalam papaya yang dapat melancarkan pencernaan juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga wajah terasa lebih lembut dan kenyal. Vitamin A dan C juga mampu mencegah kerutan pada wajah dan menghilangkan bintik hitam pada wajah secara halus.
  7. Menjaga kestabilan gula darah dan kolesterol. Kadar gula darah penting untuk dijaga terutama bagi penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Meskipun rasanya manis, tetapi kandungan gula dan kadar glukosa dalam papaya tergolong rendah. Papaya juga menyediakan tiga gram serat yang setara dengan 17 gram karbohidrat sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

Itulah sederet manfat dan khasiat yang terdapat dalam buah papaya yang dapat menjaga kesehatan. Mengkonsumsi buah papaya atau buah lainnya sangat dianjurkan dan pastinya harus juga ditambah dengan hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan olahraga.


Posting Komentar

0 Komentar